Honda NSR 150 R Motor Sport Legendaris

pinit fg en rect gray 20 Honda NSR 150 R Motor Sport Legendaris

Honda NSR 150 R pertama kali masuk Indonesia pada tahun 1993, saat itu Honda mendatangkan NSR ini dalam bentuk CKD dengan beberapa komponen rangka, bodi dan part mesin sudah mulai diproduksi dan dirakit di Indonesia. Dan inilah awal motor sport 2 tak berteknologi tinggi hadir di Indonesia.

Sampai pada tahun 1999 honda memutuskan untuk melakukan full import atau mendatangkan NSR 150 dengan CBU. Dan setelah itu Honda NSR 150 tidak lagi diimport oleh AHM tetapi oleh impotir umum. NSR 150 R jelas tidak punya lawan yang sepadan kala itu Karena teknologi yang diaplikasikan tergolong sangat tinggi kala itu, seperti rangka sudah menggunakan full delta box murni untuk motor balap, selain itu pendingin mesin radiator juga belum ada motor sport lokal yang memakainya dan teknologi RC Valve yang menjadi unggulan Honda NSR.

Dan tidak perlu lama bagi NSR 150 R untuk membentuk iamge yang cukup kuat dimasyrakat sebagai motor sport mewah dan berteknologi tinggi. Sayangnya ketenaran motor NSR 150 R ini tidak didukung oleh tersedianya spare part atau suku cadang, baik yang fast moving atau death moving. Sehingga perlahan-lahan Honda NSR 150 semakin ditinggalkan.

Berikut oto-id berikan informasi tentang generasi NSR 150 R selama berada di Indonesia.

Honda NSR 150 R 1994

Honda NSR 150 R 1994 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisHonda NSR-150 R pertama kali diluncurkan sudah menggunakan teknologi RC Valve, yakni perangkat tambahan pada lubang buang, berupa katup butterfly dan terkontrol oleh CDI. Mekanismenya, saat RPM rendah menutup sepermapt lubang buang, kemudian akan membuka lebih lebar ketika RPM mesin beranjak naik, kondisi demikian yang membuat mesin putaran bawah lebih bertenaga namun lebih jinak. Namun performa mesin diputaran menengah atas lonjakan speed akan sangat terasa drastis.

Pada awalnya Honda NSR 150 R tersedia dalam warna putih dengan grafis tebal dominan kombinasi waran biru difairing dan biru muda difairing bawah hingga buritan. Dipadukan dengan warna rangka delta box, sok depan, swing arm dan tromol yang berwarna silver. Dan calter mesin berwarna hitam.

Behel mengadopsi model elipd lebih rebah sehingga tampilan semakin aerodinamis dan berwarba hitam seperti mesin. Setang kemudi sudah mengaplikasi model jepit, dipadu dengan sok belakang model monosok. Rem depan sudah memakai cakram namun belakang masih rem tromol.Dan kelistrikan disuplai oleh aki 8 ampere.

Honda NSR-150 R 1995

Honda NSR 150 R 1995 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisSetelah mengetahui minat pasar Honda NSR-150 R yang makin membludak, maka diluncurkan warna lebih ke kawula muda. Warna hijau dan putih, dimana warna hijau untuk segmen pria mapan, putih untuk remaja.

Selain perubahan warna generasi kedua Honda NSR-150 R ini kapasitas aki berubah menjadi 12 ampere untuk memaksimalkan pengapian yang telah menganut sistem AC-DC.

Honda NSR-150 R 1996-1998

Honda NSR 150 R 1996 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisPada tahun in terjadi perubahan desain behel yang lebih tegak dan berwarna silver. Selain itu dilincirkan pula konsep warna Nastro Azzuro yang berbasis warna biru bergrafis tebal putih dan kuning. Sedangkan warna rangka berubah menjadi silver gelap. Monosok belakang juga berubah warna merah pada spiralnya yang menandakan suspensi lebih keras namun lebih stabil kala digeber dengan kecepatan tinggi.

Honda NSR-150 Astra 1999

Honda NSR 150 Astra 1999 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisVarian ini merupakan hasil pengembangan Honda Racing Thailand, dengan terjadinya perubahan program kurva pengapian pada CDI. Yang terjadi perbaikan di putaran bawah. Selain itu pada desain poting blok silinder juga terjadi perubahan, selain itu kabel pengisian dari spul ke battery lebih besar.

Sehingga power Honda NSR-150 RR atau Honda NSR 150 Astra ini akselerasinya lebih baik. Nama Astra diambil dari nama importirnya yakni Astra Honda Motor. Desain bodinya cenderung didominasi lekukan yang terkesan bongsor dan modern mirip gaya Italia.

Fairing depan menggunakan double headlamp berbentuk bulat, sama halnya dengan lampu belakang yang juga menganut model bulat dua biji. Dan tipe ini beredar hanya berwarna merah jambu, dan jok sudah bermodel berundak.

Honda NSR-150 New RR 1999

Honda NSR 150 New RR 1999 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisVarian ini merupakan transisi, karena ketika ditinjau desain bodi mirip NSR-150 SP dan memakai mesin NSR 150 Astra. Untuk tampilan warnanya lebih atraktif, dengan berbasis kombinasi warna merah, kuning, dan putih. Juga ada tambahan striping tema grafis aksen hitam, serta tambahan tulisan NSR ungu.

Untuk kontruksi rangka masih sama dengan NSR 150 Astra, suma dimenasi delta boxnya lebih besar dan berwarna silver sama dengan warna sok depan dan swing arm, sedangkan untuk pelek mulai menggunakan cast wheel palang tiga warna putih.

Desain bodi memiliki banyak persamaan, hanya buritannya lebih meramping ditengah, sehingga sub frame belakang lebih terlihat. Dan untuk lampu depan sudah menggunakan dobel trapesium sedang stop lamp ada tambahan relief dobel bulat dalam satu kemasan.

Honda NSR-150 SP 2000

Honda NSR 150 SP 2000 Honda NSR 150 R Motor Sport LegendarisMasuk tahun 2000 NSR 150 New RR berubah menjadi NSR 150 SP, dan saat masuk Indonesia diimport oleh importir umum dan tidak boleh masuk bengkel resmi Honda. NSR 150 SP ini merupakan final project dan terbaik dikelasnya. Desain bodi masih mirip dengan NSR 150 New RR, bedanya pada kaki belakang NSR 150 SP sudah menggunakan lengan ayun tunggal (pro arm).

Untuk mesin perbedaan cukup jelas dengan versi sebelumnya, sebab NSR 150 SP merupakan turunan teknologi dari NSR 250 MC versi GP. Dengan adanya pembenahan counter weight crank shaft, untuk meringankan putaran bawah serta meminimalisir getaran saat dipacu hingga top speed. Porting silinder blok juga ada pembenahan, bawaan produk kontur kulit jeruknya tipis.

Selain itu karbunya juga berganti keihin 28 mm yang hingga sekarang menjadi primadona khususnya bagi arena balap. Warna yang beredar memakai konsep warna Repsol dari kombinasi steel blue, putih, dan oranye, serta tambahan akesn merah bertuliskan Repsol.

Pencarian Untuk Artikel ini :

honda nsr, honda nsr 150, motor nsr, honda 2tak, honda 2 tak

Tags:
author

Author: 

Ricky adalah penulis dari blog ini, tertarik dunia otomotif sejak SMP kelas satu dan sempat menjadi anak bengkel pada semasa SMA-nya, salah satu kreatifitasnya adalah modifkasi Yamaha Jupiter Z nya yang keren bergaya funky bike sekaligus kencang buat adu kebut 200 meter.