Inilah Wujud Asli STNK Sementara

Setelah diberitakan beberapa waktu lalu bahwa kertas material untuk bahan BPKB dan STNK habis, untuk mengatasinya Korlantas Polri akan menggunakan STNK sementara. Dan STNK sementara ini sudah mulai diberlakukan pada bulan April 2013 lalu. Untuk masa berlakunya STNK sementara maksimal enam bulan.

STNK Sementara Inilah Wujud Asli STNK SementaraSTNK sementara ini hanya berlaku bagi pemilik kendaraan bermotor yang akan memperpanjang pajak 5 tahunan. Untuk pemiliki yang hanya memperpanjang satu tahun maka tidak akan mendapat STNK sementara, karena STNK lama masih berlaku. Sementara untuk kendaraan baru juga akan menggunakan STNK sementara, walaupun bersifat sementara tatapi kekuatan hukumnya sama dengan STNK dan BPKB permanen.

Bagaimana wujud STNK sementara tersebut? Setiap membayar pajak motor tahunan kita mendapat dua lembar kertas yakni kertas STNK dan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) serta SWDKLLJ. Untuk STNK sementara tersebut hanya akan mendapat SKPD baru dan dibalik kertas SKPD tersbut terdapat stempel/cap resmi dari samsat yang bersangkutan sebagai tanda keabsahan STNK tersebut lengkap beserta tanggal dikeluarkannya STNK tersbut.

Hal ini berlaku untuk STNK dan BPKB saja, untuk plat nomor pemilik tetap akan mendapatkannya, sedangkan STNK dan BPKB akan menyusul maksimal 6 bulan sejak STNK sementara tersebut dikeluarkan. Korlantas mengeluarkan STNK sementara ini agar proses registrasi dan indentifikasi atau regident kendaraan bermotor tetap berjalan dan tidak terganggu.

Bagi kendaraan yang menggunkana STNK sementara tersebut, dipastikan semuanya sudah diregistrasi dengan benar dan tepat. Jika material kertas sudah datang maka STNK dan BPKB sementara tersbut akan ditarik setelah STNK dan BPKB asli telah dicetak.

Pencarian Untuk Artikel ini :

plat sementara mobil baru, stnk baru 2013, plat nomor sementara mobil baru, Masa berlaku Stnk sementara, pajak stnk honda brio satya

Kasih Rating Donk!

author

Author: 

Ricky adalah penulis dari blog ini, tertarik dunia otomotif sejak SMP kelas satu dan sempat menjadi anak bengkel pada semasa SMA-nya, salah satu kreatifitasnya adalah modifkasi Yamaha Jupiter Z nya yang keren bergaya funky bike sekaligus kencang buat adu kebut 200 meter.