Kupas Tuntas Suzuki Shooter 115FI

pinit fg en rect gray 20 Kupas Tuntas Suzuki Shooter 115FI

Akhirnya Suzuki telah meluncurkan varian motor terbaru mereka yang bertajuk Suzuki Shooter 115FI. Dengan diluncurkannya adik kandung Suzuki Titan ini, maka Suzuki Shooter 115FI menjadi pioneer atau motor bebek entry level pertama yang menggunakan sistem pengkabut bahan bakar injeksi. Dengan menjadi yang pertama, maka Suzuki bisa lebih leluasa dalam memasarkan Shooter 115Fi.

Suzuki Shooter 115FI STD Kupas Tuntas Suzuki Shooter 115FI

Suzuki Shooter 115FI STD

Positioning Suzuki Shooter 115FI sebagai motor entry level atau kelas menengah kebawah dirasa cukup tepat. Mengingat dua tetangga besar belum meluncurkan bebek entry level mereka, jika Yamaha sedang menyiapkan Yamaha Vega Injeksi yang juga dikabarkan sekalian di facelift, Honda masih belum mengambil sikap, jika melihat dinegara tetangga kemungkinan Absolute Revo yang akan ikut bertanding.

Suzuki sendiri mempunyai misi bahwa motor injeksi ga harus mahal, dan mereka buktikan lewat Shooter 115FI ini. Dengan 3 varian harga yang akan ditawarkan Suzuki, dengan paling murah RP. 11,6 juta sedangkan paling mahal Rp 13,25 juta. Apa beda fitur dari ketiga harga tersebut?

Kita bahas yang paling mahal dulu dengan harga Rp 13,25 juta. Tipe Suzuki Shooter termahal tersebut adalah Shooter 115FI SR, dengan harga yang lebih mahal tentunya fiturnya jjuga lebih, diantaranya pelek menggunakan cast wheel (cw) atau pelek bintang dengan rem depan sudah mengaplikasi rem cakram sedangkan belakang masih menggunakan rem tromol.

Suzuki Shooter 115FI R Kupas Tuntas Suzuki Shooter 115FI

Suzuki Shooter 115FI R

Suzuki Shooter 115FI R merupakan varian paling mahal kedua fiturnya hampir sama dengan tipe Shooter 115FI SR, bedanya pelek Shooter 115FI R masih menggunakan model jeruji a.k.a jari-jari. Harga Suzuki Suzuki Shooter 115FI R ini dibandrol Rp. 12,45 juta.

Dan tipe termurah adalah Shooter 115FI dengan harga Rp 11,6 juta. Karena harganya murah otomatis banyak fitur yang dikurangi untuk menekan harga, misalnya pelek menggunakan jari-jari dan remnya masih tromol depan belakang, agak aneh memang mengingat motor terbaru jarang ada yang menggunakan rem tromol untuk kedua rodanya. Selain itu tipe termurah ini juga tidak dilengkapi dengan standart samping, jadi hanya terdapat standart tengah saja.

Setelah membahas harga bagaimana dengan kondisi mesin?apakah oke performanya? Dilihat dari kubikasi dan diameter serta langkahnya, mesin Suzuki Shooter 115FI ini tidak jauh dengan kakanya Smash Titan. Meskipun sama ternyata bobot mesin Shooter 115FI lebih ringan jika dibandingkan dengan Titan, terutama berat pistonnya, Shooter mengaplikasi piston nex dan lets. Dan yang penting Suzuki Shooter 115FI lebih irit 37 persen dari bebek Suzuki non injeksi.

Suzuki Shooter 115FI SR Kupas Tuntas Suzuki Shooter 115FI

Suzuki Shooter 115FI SR

Tak hanya mesin ternyata bobot keseluruhan Suzuki Shooter juga lebih ringan dibandingkan pesaingnya. Sebagai bahan perbandingan Suzuki Shooter 115FI SR beratnya hanya 93 kg, bandingkan dengan Yamaha Vega ZR dan Absolute Revo yang bobotnya mencapai 97 kg. dengan bobot yang lebih ringan tersebut Suzuki Shooter 115FI memiliki power dan akselerasi yang lebih baik tentunya.

Harga sudah, mesin sudah, bagaiamana dengan bodinya? Gaya atau styling Suzuki Shooter 115FI ini ternyata tidak jauh beda dengan Smash Titan, sepertinya Suzuki ingin membuat sebuah ciri khas untuk desain motornya atau lebih kerennya Corporate design, dimana produk mereka memiliki desain yang hampir sama walaupun berbeda.

Terakhir dengan segala keunggulan tersebut peluang Suzuki untuk menguasai pasar motor bebek entry level cukup terbuka, tergantung bagaimana tim marketing mereka bekerja. Selain dua peasing besarnya belum punya senjata yang sepadan, pengertian masyrakat pada mesin injeksi juga semakin tinggi, so kita tunggu saja realita dilapangan.

Pencarian Untuk Artikel ini :

suzuki shooter vs yamaha force, yamaha force vs suzuki shooter, review suzuki shooter, suzuki shooter review, mesin suzuki shooter

Tags:

Kasih Rating Donk!

author

Author: 

Ika Dian, Ibu seorang putra serta belajar menjadi blogger dan penulis yang baik dan berpengalaman. Tertarik tentang hal baru dan selalu ingin tahu.