Mazda VX1, Ertiga Rasa Mazda

Kabar terbaru terdengar dari Suzuki dan Mazda, terdengar kabar bahwa Mazda akan meluncurkan mobil low MPV yang diambil dari model Suzuki Ertiga. Saat dikonfirmasi pihak Suzuki belum member pernyataan resmi, sedangkan pihak Mazda sendiri masih belum tahu, dan masih dipikirkan ulang jadi tidaknya kembaran Ertiga yang di beri nama Mazda VX1 itu untuk dipasarkan di Indonesia.

Mazda VX1 Mazda VX1, Ertiga Rasa MazdaTidak ada yang berbeda antara Suzuki Ertiga dan Mazda VX1, yang membedakan hanya emblem pada merek yang menandakan produsen mobil tersebut. Desain interior juga tanpa perbedaan yang berarti, lagi logo saja yang berbeda pada setir mobil. Kemungkinan besar Mazda VX1 ini akan dirakit di pabrik Suzuki yang berada di Indonesia.

Jika memang Mazda VX1 terealisasi untuk diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, maka Mazda akan mempunyai banyak keuntungan, diantaranya Mazda tidak perlu biaya untuk riset, pengujian dan pengembangan mobil produksinya. Tentu hal ini akan menghemat biaya dan waktu bagi Mazda. Selain keuntungan tentunya ada kelemahan yang ditimbulkan, Mazda VX1 harus mempunyai nilai tambah dari pada Suzuki Ertiga, jika sama persi dengan Suzuki Ertiga, diprediksi Mazda VX1 tidak akan bisa berbicara banyak, dikarenakan biaya perawatan dan servis mobil Suzuki jauh lebih murah ketimbang Mazda yang cenderung lebih mahal.

Interior Mazda VX1 Mazda VX1, Ertiga Rasa MazdaMazda VX1 tampak Belakang 300x225 Mazda VX1, Ertiga Rasa MazdaTidak hanya Mazda saja yang bekerja sama, sebelumnya Suzuki juga bekerja sama dengan Mitsubishi, diaman Suzuki APV berganti nama Mitsubishi Maven, sedangkan Suzuki Futura menjadi Mitsubishi T120ss. Mungkin Mazda ingin mengulang kesuksesan duet maut Toyota dan Daihatsu yang memproduksi Avanza-Xenia dan lebih dulu bekerja sama dalam pertukaran desain mobil.

Pencarian Untuk Artikel ini :

mazda vx1, mazda vx-1, mazda ertiga, mazda vx 1, mazdavx1

Tags:

Kasih Rating Donk!

author

Author: 

Ricky adalah penulis dari blog ini, tertarik dunia otomotif sejak SMP kelas satu dan sempat menjadi anak bengkel pada semasa SMA-nya, salah satu kreatifitasnya adalah modifkasi Yamaha Jupiter Z nya yang keren bergaya funky bike sekaligus kencang buat adu kebut 200 meter.