Mengatasi Honda Vario 125 FI Lemot

Honda vario 125 FI merupakan salah satu varian Honda matic paling popular, karena selain desainnya yang futuristik juga karena terkenal irit karena sudah mengadopsi teknologi injeksi pada pengkabut bahan bakarnya. Namun beberapa pengendara Vario ini kadang merasa jengkel karena tenaga Vario 125 ini lemot, bahkan disertai mbrebet pada putaran mesin bawah.

Vario 125 fi Mengatasi Honda Vario 125 FI LemotKondisi demikian tentu menjengkelkan, apalagi gejala ini timbul ketika pagi hari, ga terbayang jika sobat Otolovers buru-buru berangkat kerja tetapi kondisi motor lemot, belum lagi jika terkena jalan ramai dan macet dimana dibutuhkan akselerasi motor yang responsive dan cepat.

Namun bukan berarti kondisi ini tak bisa diatasi, pasti ada solusinya. Solusi yang paling mudah yakni mengganti koil bawaan vario dengan koil racing yang sudah banyak beredar dipasaran. Untuk yang lagi trend saat ini yaitu koil racing protec yang terdapat dua varian yang tersedia. Varian yang pertama dibandrol Rp. 175 ribu berwarna abu-abu dan bentuknya sedikit kecil, sedangkan varian yang kedua dibandl Rp. 275 ribu warnanya hitam dan bentuknya lebih besar.

Selain menghilangkan lemot penggantian koil ini juga akan meningkatkan power motor. Dari data yang Oto-id peroleh, Vario standar 125 FI mempunyai tenaga maksimum sebesar 9,13 tenaga kuda pada putaran 8316 Rpm. Dan torsi yang didapat sebesar 8,70 Nm pada pitaran mesin 9955 Rpm.

Setelah Vario 125 FI diganti dengan koil protec varian yang pertama yang berharga Rp. 175 ribu terjadi peningkatan performa mesin. Tanga yang dihasilkan bertambah menjadi 9,36 tenaga kuda pada putaran mesin 8511 Rpm dan torsi menjadi 8,37 pada putrana mesin 7416 Rpm.

Dan ketika koil diganti dengan varian yang kedua yang berhaga Rp. 275 ribu, kembali terjadi peningkatan dari koil varian pertama. Pada koil varia kedua ini dihasilkan tenaga sebesar 9,50 tenaga kuda pada putaran mesin lebih awal 6507 Rpm dan torsi maksimal yang dihasilkan mecapai 10,48 Nm pada putaran mesin 6259 Rpm.

Koil protec ini memiliki lilitan kawat buatan amerika yang memiliki lilitan yang padat sehingga mampu membantu meningkatkan tenaga motor. Jika ingin mengaplikasikan koil ini ke motor Vario sobat biarkan cop busi tetap standar karena jika diganti versi racing juga akan menyebabkan percikan api yang lebih besar dan akibatnya mesin akan menembak-nembak.

Pencarian Untuk Artikel ini :

modifikasi vario 125, modif vario 125, variasi vario 125, vario 125 modif, koil protec vario 125

Tags:

Kasih Rating Donk!

author

Author: 

Ricky adalah penulis dari blog ini, tertarik dunia otomotif sejak SMP kelas satu dan sempat menjadi anak bengkel pada semasa SMA-nya, salah satu kreatifitasnya adalah modifkasi Yamaha Jupiter Z nya yang keren bergaya funky bike sekaligus kencang buat adu kebut 200 meter.