Pengertian Mobil Hatchback

Hatchback adalah mobil empat pintu yang berukuran kecil dan memiliki bodi yang lebih pendek, biasanya mirip sedan tapi tanpa “ekor” (untuk lebih jelasnya lihat gambar). Jenis Hatchback biasanya memiliki pintu bagasi belakang yang menyatu dengan kaca belakang, serta terbuka keatas. Dan ruang bagasi ini menyatu dengan ruang penumpang belakang.

Pengertian Hatchback

Gambar paling atas adalah mobil Hatchback (pic:wikipedia)

Lalu apa perbedaan Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Hatchback? Dilihat dari dimensi jelas MPV memiliki ukuran yang lebih besar, karena MPV fokus pada mobil keluarga. Dan satu perbedaan lagi yaitu Hatchback hanya terdiri dari dua baris kursi saja layaknya mobil sedan. Sedangkan MPV terdiri dari tiga atau lebih baris kursi.

Satu lagi ciri dari mobil hatchback, umumnya mobil Hatchback ini berpenggerak roda depan atau biasa disebut front wheel drive. Dengan bentuk yang kecil tidak diperlukan tenaga yang besar untuk menggerakan mobil Hatchback. Dan dengan penggerak roda depan pula mobil diklaim akan lebih lincah, dan cocok untuk gaya mengemudi stop and go, yang lebih banyak diterapkan pada kemacetan lalu lintas perkotaan.

Karena bentuknya yang kecil Hatchback sering juga disebut sebagai city car. Mengapa? Karena dengan bodi yang kecil dianggap lebih lincah untuk daerah perkotaan yang padat dan macet. Dan di Indonesia jenis Hatchback mulai diminati oleh masyarakat, karena bentuknya yang kecil dan lincah menerebas kemacetan kota-kota esar di Indonesia.

Contoh mobil Hatchback yang hadir di Indonesia adalah Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Daihatsu Sirion, Toyota Etios Valco, Nissan March, Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Toyota Starlet, Renault Clio, KIA Picanto, Suzuki Splash, dan yang lainnya.

Topik Untuk Artikel ini :

arti hatchback, pengertian hatchback, hatchback adalah, mobil hatchback, arti mobil hatchback

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *