Perbandingan Xeon RC Dengan Vario Techno 125

pinit fg en rect gray 20 Perbandingan Xeon RC Dengan Vario Techno 125

Yamaha dan Honda semakin panas bersaing dikelas matik, hampir semua segmen dan pasar keduanya memiliki gacoan dan saling berhadapan. Setelah membahas perbandingan Beat Fi dengan Mio GT, kini giliran kelas yang lebih tinggi yakni skutik 125 cc, dimana pihak Honda diwakili Vario Techno 125 PGM-FI dan pihak Yamaha diwakili oleh Xeon RC YMJET-FI.

Perbandingan Xeon RC Dengan Vario Techno 125 Perbandingan Xeon RC Dengan Vario Techno 125Dari segi spesifkasi, fitur dan teknologi keduanya hampir sama, namun masing-masing motor tetap akan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah dari sini kita bisa memilih spek motor sesuai dengan kebutuhan kita. Sekarang kita coba untuk bedah dan bandingkan keduanya, sehingga nanti kita tahu kelebihan dan kekurangan masin-masing.

Desain Bodi

Mungkin perbedaan yang paling kentara adalah bodi, jelas aja orang beda merek,kwkwkw,,, walaupun bertarung dikelas yang sama, dan memiliki kapasitas mesin yang sama pula, tetapi dimensi kedua motor ini berbeda. Vario Techno sedikit lebih besar dibandingkan dengan Xeon RC.

Untuk desain, Xeon RC berkiblat pada desain pesawat tempur F117-Nighthawk, sedangkan Vario Techno berkiblat pada sportcar Honda NSX. Jelas keduanya menganut gaya aerodinamis, futuristik, dan penuh dengan garis-garis tajam, terutama pada Vario Techno. Karena memiliki bodi yang lebih besar otomatis Vario mempunyai bagasi yang lebih besar yang berkapasitas 18 liter, sedangakn Xeon RC hanya berkapasitas 12,8 liter saja.

Fitur

Secara fitur, lagi-lagi keduanya mempunyai kemiripan, diantaranya kunci kontak bermagnet yang menghindarkan motor dari tangan jail, Smart Stand Switch membuat mesin mati dalam keadaan distandart samping sehingga menambah aman ketika diparkir, Smart Lock System (pengunci rem) fitur ini juga menambah keamanan ketika diparkir dalam keadaan turun atau nanjak, karena fungsinya hampir mirip dengan rem tangan pada mobil.

Vario techno sedikit unggul dengan teknologi CBS (combi brake sistem) jadi ketika tuas rem belakang ditarik secara otomatis rem depan juga akan ikut bekerja. Untuk menambah kenyaman dalam menaruh barang berukuran kecil kedua skutik ini juga sudah dilengkapi konsol box pada bagian depan bawah stang. Bagasi kecil ini bisa untuk menrauh botol air minum, uang receh atau karcis parkir.

Mesin

Kedua mesin skutik ini sama berkapasitas 125 cc, bedanya Vario techno 125 PGM-FI mengadopsi teknologi AGC starter, offset cylinder, light weight piston, roller rocker arm, dan compact combustion chamber.  Sedangkan Xeon RC YMJET-FI mengadopsi Forging Piston, DiASil Cylinder, roller rocker arm, crank balancing, fuel pump tipe brushless, dan kelistrikan AC/DC dengan open circuit.

Xeon RC  dan Vario Techno juga sudah mengadopsi fuel injection sebagai sistem pengkabut bahan bakarnya. Jika Xeon RC mengusung teknolgi injeksi YMJET-FI, Vario techno juga tak mau kalah dengan mengusung PGM-FI. Untuk power dan torsi, Yamaha Xeon RC mampu menyeburkan tenaga hingga 11,4 PS dan torsi 10,4 Nm, sedangkan Honda Vario Techno mempunyai tenaga 11,3 PS dengan torsi 10,7 Nm. Untuk tenaga Yamaha Xeon seidkit lebih unggul, tetapi torsi Honda vario lebih unggul.

Kesimpulan

Kedua motor ini mempunyai spek mesin yang hampir sama, namun berbeda ukuran dimensi dan berbeda karakter. Jika Xeon RC memiliki desain yang simple sementara vario memilih untuk menomorsatukan kenyamanan. Xeon jika dibawa dengan jarak agak jauh tangan akan terasa pegal, mungkin karena sok depan agak sedikit keras, sementara vario akan membuat bokong kita panas karena busa pada jok terlalu keras.

Karena Xeon berbodi mungil otomatis lebih lincah dibuat berakselerasi, dan pas jika dibuat dikemacetan, sedangkan vario memiliki bodi yang lebih besar selain akselerasinya kalah, sistem rem pun juga kurang pakem kalah dibandingkan dengan Xeon tetapi lebih nyaman dikendarai.

Jadi kesimpulan utamanya, Xeon RC YMJET-Fi cocok untuk untuk jalanan padat dan menyusuri kemacetan, Karena bodinya yang lebih mungil. Sedangakan Vario Techno 125 PGM-Fi lebih cocok untuk jalan santai dengan membawa barang yang agak banyak karena memiliki bodi yang agak gambot.

Pencarian Untuk Artikel ini :

kelemahan xeon rc, vario techno 125 pgm-fi vs xeon, kelemahan vario techno 125, kelemahan vario 125, kelemahan yamaha xeon rc

Tags:
author

Author: 

Ika Dian, Ibu seorang putra serta belajar menjadi blogger dan penulis yang baik dan berpengalaman. Tertarik tentang hal baru dan selalu ingin tahu.