Spesifikasi Yamaha YZF-R15 Versi 2.0

Berita mengenai motor sport 150cc fairing Yamaha Indonesia semakin menggema, tetapi pihak YIMM masih belum buka suara tentang motor sport fairing mereka. Ada yang menyebutkan bahwa YIMM akan memboyong Yamaha YZF-R15 sebagai motor sport 150cc fairing mereka, benarkah? Belum tentu karena YIMM belum buka suara. Namun ada baiknya kita simak bagaimana spesifikasi Yamaha YZF-R15.

Yamaha YZF R15 v2 Spesifikasi Yamaha YZF R15 Versi 2.0Yamaha YZF-R15 versi 2.0 ini semakin menguatkan bahwa motor ini merupakan DNA dari Yamaha YZF R1 . Desain fairing tengah dan desain ekor juga didesain baru. Selain itu hal yang baru pada versi 2.0 adalah Swing arm alumunium yang lebih panjang, ban depan belakang yang lebih lebar, lampu belakang LED, serta penggunaan ECU terbaru.

Secara keseluruhan  desain fairing yang lebih aerodinamis serta lebih stylish jika dibandingkan Yamaha YZF R15 versi pertama. Jika dilihat secara seksama nampak bodi YZF R15 ini tidak jauh berbeda dengan YZF R125 yang dipasarkan di Eropa, hanya berbeda pada kubikasi mesin.

Rangka YZF-R15 ini sudah menggunakan deltabox yang lebih stabil karena lebih kaku dan mampu menahan getaran mesin.  Dipadu dengan swing arm belakang alumunium layaknya moge dengan monosok tipe monocross yang lebih nyaman dan tetap mantab walau dibuat bocengan. Untuk sok depan masih menggunakan teleskopik.

Untuk roda menggunakan pelek alumunium cor palang lima dengan tapak yang lebih lebar dan berdiameter 17 inch. Kedua pelek YZF R15 ini dibalut dengan ban ukuran 90/80-17 untuk depan serta 130/70-R17 untuk belakang. Untuk rem depan belakang menggunakan cakram tunggal dengan sistem hidrolik.

Yamaha YZF R15 v2 1 Spesifikasi Yamaha YZF R15 Versi 2.0Masuk kedalam hal yang paling krusial yakni mesin. YZF R15 ini menggunakan mesin 4 langkah SOHC dengan 4 katup, dengan kapasitas silinder 149,8 cc. Untuk sistem pengakbut bahan bakarnya sudah mengaplikasi fuel injection dengan ECU terbaru yang mampu menghitung pasokan bahan bakar yang lebih optimal. Untuk pendingin mesin menggunakan pendingin air.

Salah satu keunggulan dari mesin YFZ R15 adalah perpaduan DiASil Cylinder dan Forged piston yang juga diaplikasi Yamaha Vixion. Dengan perpaduan tersebut dapat memberikan disipasi panas yang lebih baik, karena terbuat dari alumunium yang juga bersifat konduktor. Dengan begitu mesin tidak cepat panas dan tenaga mesin tetap terjaga walau sudah menemouh jarak jauh.

Selain tahan panas perpaduan DiASil Cylinder dan Forged piston juga mesin lebih awet Karen labih tahan aus jika dibandinkan dengan silinder  yang terbuat dari besi konvensional. Dan yang jelas mesin juga akan lebih efisien terhadap konsumsi bahan bakarnya.

Jika dilihat dari struktur rangka dan mesin yang digunakan YZF R15, nampaknya tidak jauh beda dengan yang digunakan dengan Yamaha Vixion yang dipasarkan di Indonesia, bisa jadi kedua motor ini menggunakan platform yang sama namun hanay berbeda di baju yang dikenakan. Apakah benar Vixion berfairing ini yang akan masuk Indonesia? Who knows!

Pencarian Untuk Artikel ini :

spesifikasi yamaha r15, spesifikasi R15 V2, mesin yamaha r15, spesifikasi yzf r15 v2 0, yamaha r15 v2 spesifikasi

Tags:

Kasih Rating Donk!

author

Author: 

Ricky adalah penulis dari blog ini, tertarik dunia otomotif sejak SMP kelas satu dan sempat menjadi anak bengkel pada semasa SMA-nya, salah satu kreatifitasnya adalah modifkasi Yamaha Jupiter Z nya yang keren bergaya funky bike sekaligus kencang buat adu kebut 200 meter.